Cara Pembuatan Paspor Online

Posted: 19 September 2014 in talk about
Tag:, , , , , ,

Hi Guys, Lama ga nulis nih…
Kali ini ane mau bahas soal cara buat PASPOR dengan bantuan teknologi internet alias PASPOR ONLINE.

Jadi ceritanya mimin pengen jelong2 ke universal studio sama si ade, makanya mimin iseng2 bikin paspor kali2 ada duit buat kesana :).

Setelah tanya sana tanya sini, ternyata bikin paspor jaman sekarang udah meuni gampang pisan (asek, sok sok sunda padahal jatul -jawa tulen-). I’ll explain start from the very begining. So, here we go…

1. Pra Permohonan Personal

Pertama, agan perlu buka websitenya ipass, Klik DISINI buat menuju TKP. Jangan lupa modemnya kudu ada kuotanya. Kalo kuotanya abis kaga bakalan bisa 😛

Nanti agan-agan bakal ketemu sama tampilan macem gini:

paspor-homeLangkah-langkah yang perlu ente lakukan adalah pilih Pra Permohonan Personal kemudian akan muncul page seperti dibawah ini:

paspor-prapermohonanIsi kolom-kolomnya, jangan sampai ada yang salah.

Bagian jenis permohonan, pilih jenis paspor yang mau di buat. Kalo macem ane yang pengen jalan2 aja (bukan buat jadi TKI, status bikin paspornya masih baru /bukan perpanjang, ane pilih Paspor Baru – Biasa, dan ane pilih yang 48 halaman)
FYI, masa berlaku buat paspor adalah 5 tahun. Jadi yang kemungkinan perginya bakalan jarang banget, disarankan buat bikin paspor yang halamannya dikit aja (24 Halaman) karena harganya lebih murah pula. Kenapa jumlah halaman ngaruh sama frekuensi kita pergi ke luar negri? karena di saat tiba di bandara negara tujuan, paspor kita akan di stamp di 1 halaman paspor untuk 1 negara. Kalo yang suka menclok kesana kemari, boleh lah pakai yang 48 halaman.

Untuk paspor baru, kolom nomor paspor lama dikosongin aja ya gan…

Nah, point yang juga penting di halaman ini adalah lokasi kantor imigrasi. Agan diharuskan memilih lokasi untuk wawancara, foto, dan penyerahan berkas data diri. Kalo ane dulu berhubung berkas ada di rumah semua, ane milih tempat yang deket sama rumah (di Kanim Kelas II Pati).

Setelah semua kolom selesai di isi, kita lanjutkan dengan memilih Lanjut.

2. Input Data Alamat Pemohon

Setelah klik Lanjut, agan akan menemui tampilan seperti berikut:

Terus agan isi kolom-kolomnya sesuai perintah yang ada di situ. Kalo udah selese, klik Lanjut.

3. Informasi Pembayaran dan Konfirmasi Permohonan

Setelah Klik tombol Lanjut, halaman kaya di bawah ini bakalan nongol:

paspor-konfirmasibayarNah, pada lembar terakhir ini tertera biaya yang harus dibayarkan sebesar 355 ribu rupiah. Selain itu tertera juga tanggal yang bisa agan pilih untuk penyerahan berkas, wawancara, foto, dan konfirmasi data diri. Pilih tanggal yang pas buat agan, saran dari mimin mending pilih tanggal pas kerjaan agan agak woles, karena paspor ini hanya bisa di proses di hari kerja, pada jam 08:00 WIB sampai 14:00 WIB (untuk pendaftar baru).

Setelah selesai memilih hari, dan data diisi dengan benar, agan klik OK untuk konfirmasi akhir.

Setelah itu, admin ipass akan mengirim email konfirmasi ke email agan. Di email itu terlampir file untuk dibawa saat pembayaran ke bank BNI. Di downnload terus di print ya gan…

4. Bayar Paspor Online via Bank BNI

Sesuai pegalaman mimin kemarin, mimin dateng agak pagian ke Bank BNI sambil membawa kertas yang terlampir di email tadi. Bawa uang Rp 355.000,- ditambah biaya administrasi 5000 rupiah, serahkan ke teller.

Setelah selesai di proses, kita akan mendapatkan slip bukti pembayaran dari teller bank rangkap 4. Simpan slip nya jangan sampai hilang, karena slip ini nantinya akan kita gunakan sebagai bukti pembayaran waktu penyerahan berkas di Kanim yang sudah agan pilih.

5. Konfirmasi dari email

Setelah selesai membayar, agan-agan buka lagi emailnya. Disitu tertulis jika telah melakukan pembayaran, klik halaman konfirmasi. Klik halaman itu, lalu agan akan dialihkan ke web page dan di situ akan tertulis bahwa pembayaran telah dikonfirmasi, Selanjutnya agan akan menerima email undangan. Download file terlampir dan di cetak.

6. Siapkan Dokumen-Dokumen

Sambil menunggu hari penyerahan dokumen datang, sebaiknya agan persiapkan dulu apa aja yang mau dibawa ke kanim nantinya, biar ga bolak balik gegara ada yang kurang. Dokumen yang perlu disiapkan yaitu:

  • KTP asli dan copy (2)
  • AKTA KELAHIRAN asli dan copy (2)
  • Surat undangan (dari email undangan)
  • KARTU KELUARGA asli dan copy (2)
  • Surat Rekomendari dari perusahaan tempat agan kerja (jika ada)
  • Slip Bukti pembayaran paspor dari Bank BNI
  • Kalo-kalo ditanyain, ijasah agan yang terakhir dibawa aja aslinya.
  • pulpen

7. Datang ke kanim di hari yang telah dipilih

Setelah hari yang di tunggu tiba, jangan lupa dokumennya dibawa semua ya gan,

Setelah sampai di kanim, agan langsung ke resepsionis aja. Nanti di resepsionis, agan akan mendapat map dan map tesebut harus di isi. Petugas akan menjelaskan lampiran apa aja yang harus agan masukin ke map itu, terus agan bakal dikasih nomer antrian, dan agan masuk ke ruang tunggu pendaftaran. Kalo nomer agan tampil di layar, agan maju dan serahkan map tadi dan dokumen asli yang diminta sama petugas. Agan akan disuruh nunggu sembari petugasnya upload2 data agan.

Setelah selesai proses verifikasi data, map agan akan dibalikin. Ada beberapa data copy yang diambil sama petugas sebelumnya. Yang aslinya langsung disimpen aja gan biar ga ilang.

Setelahnya, agan akan dipanggil untuk menuju loket pembayaran. Jangan kaget, agan ga akan di suruh bayar lagi kok, agan cukup tunjukkan slip bukti pembayaran dari bank tadi. Petugas akan mengambil 1 copy dan sisanya agan simpen lagi. Dari situ agan akan dapet nomer antrian baru buat wawancara dan foto. Agan akan di suruh tunggu lagi.

Setelah nomor agan muncul lagi di layar untuk proses foto dan wawancara, agan masuk aja ke ruang yang dimaksud. Kalo pengalaman ane, pertama kita di foto dulu, terus di dalemnya ngantri lagi buat wawancara. Isi wawancaranya apa? ga usah takut, gak seserem wawancara kerja kok hahaha, pertanyaan basic sekitar kenapa agan bikin paspor bakal dilontarkan. Kalo ane dulu jawab aja “mau travelling Pak”, ane pun ditanya “Kemana?”, ane jawab aja “Jepang Pak, sekalian mau ada tugas kantor juga kayanya tahun ini” #miminkepedean, dilanjut sama tanya jawab santai. PD ajalah pokonya…

Setelah selesai wawancara, agan akan mendapat karcis untuk pengambilan paspor. Karcis ini jangan sampe ilang juga ya Gan, soalnya itu satu2nya bukti kalo agan udah bisa ambil tuh paspor.

Waktu ane nanya ke petugas jadinya sekitar berapa hari, petugasnya jawab, sekitar 3 hari kerja, dan pengambilannya boleh diwakilkan oleh anggota keluarga yang tertulis di KK. Oiya lupa. Buat bikin paspor ini bener2 orangnya harus ikut dateng ke kanim ya gan, soalnya sesi wawancara dan pemotretan harus bener2 orangnya langsung. yakali fotonya agan nanti muka orang dong kalo diwakilkan :p

Setelah finish, agan pulang aja, ongkang2 kaki dan melaksanakan pekerjaan sehari-hari.

Terhitung 3 hari kerja setelah sesi wawancara tadi, agan dateng lagi ke kanim. Langsung masuk ke bagian pengambilan, agan kasih karcisnya dan tunggu bentar. Voila…. paspor udah jadi,,, Jangan protes kalo fotonya kurang kece atau gimana, tapi boleh protes kalo ternyata foto yang kepasang bukan foto agan, kekeke…

Udah, selesai deh….. Gampang banget kan gan…..

Ayo dipraktekkan segera, program pemerintah kali ini udah cukup mempermudah kita untuk bikin paspor dari rumah masing-masing sambil gelesoran makan pisang goreng dan ga harus bolak balik berkali-kali ke kantor imigrasi.

Selamat mempraktekkan, moga2 yang admin tulis semuanya bener berguna :))

byooong ^^

Foot Note: Proses di tiap kanim berbeda-beda. Ada kanim yang sudah lebih canggih, jadi selama proses pendaftaran online agan disuruh upload langsung. Dalam hal ini agan siapin aja jpg file dari dokumen2 yang ane tulis di atas. Good Luck.

Tinggalkan komentar